Jumat, 02 Agustus 2019

TIPS DAN TRIK CARA MENERBITKAN E-BOOK (TRANSLATED)

Aku tidak yakin jika ini adalah jalan terbaik untuk menerbitkan sendiri, tapi ini adalah jalannya.
Sumber : Pinterest.




**STEP 1 : MENULIS BUKU YANG BAIK**
Dan maksudku adalah buku yang hebat.  tidak ada gunanya menerbitkan karya Anda jika Anda belum menulis apa pun yang layak dibaca. Ini adalah 4 tahap untuk menulis buku : rencana, naskah pertama, naskah kedua dan naskah terakhir.
Yang pertama, rencana. Sebelum menulis sesuatu, rencanakan bukumu. Ini bisa jadi dalam secarik kertas atau hanya ada dalam otakmu. Hal ini memberikanmu ide yang jelas tentang apa yang sedang kamu tulis, siapa tokohmu dan akan bagaimana kamu memulai dan mengakhiri ceritamu. Ini adalah inti dari proses menulis. Kamu tidak akan bisa menulis sesuatu jika kau tidak memiliki rencana dalam pikiran.
Selanjutnya, naskah pertama. Hanya menulis! Menuliskan apapun yang ada dalam pikiranmu ketika merencanakan. Jangan berhenti untuk memeriksa sesuatu, jangan istirahat dan menyelesaikannya nanti. Pastikan kamu menyelesaikan bagian atau cerita sekaligus.
Ketiga, naskah kedua.  ini adalah penyuntingan besar utamamu. Seseorang menyarankan melakukan lima naskah, namun naskah kedua bisa tidak tersambung dua tambahan itu. Baca ulang  sesuatu yang kamu tulis dalam naskah pertama dan koreksi, perbaiki struktur dan tambahkan sesuatu yang diperlukan. Periksa kembali pekerjaanmu sebanyak yang kamu butuhkan sampai terlihat cukup.
Dan yang terakhir, naskah terakhir. Periksa kembali tulisan terakhirmu dan perbaiki beberapa kesalahan sebelumnya yang tidak kamu sadari.
Jangan ubah gagasan utama dalam cerita atau apapun yang utama. Itu harus selesai dalam naskah kedua. Setelah kamu merasa bahwa cerita kamu sudah selesai dan siap, pindah ke step berikutnya.

**STEP 2 : MEMINTA UNTUK MENYUNTING BUKUMU**
Ini mungkin berarri mengirim karyamu kepada editor atau pergi dengan cara yang sederhana dan mudah untuk meminta seorang guru, relasi atau teman untuk menyunting itu untukmu. Jangan hanya meminta orang tua untuk menyunting pikiran. Jika kamu tidak tahu siapapun yang mampu akan melakukan pekerjaan dengan baik, maka lebih aman untuk meminta kepada profesional. Ingat, menyunting lebih dari penyuntingan. Penyunting juga membantu mengembangkan plot, memeriksa struktur cerita, memberi saran kata-kata yang coock untuk karakter dan tema, dan memoles naskah. Meinta bukumu yang telah di edit adalah langkah utama.

**STEP 3 : BUAT DESAIN SAMPUL**
Desain sampul itu sangat penting untuk menerbitkan dan menjual bukumu. Buku Elektronik / e-Books hanya perlu sampul bagian depan, tapi sampul belakang perlu untuk seluruh sampul depan —depan belakang dan belakang. Jika kamu ingin bukumu dijual, buatlah sampul yang bagus! Sambul buku adalah hal yang pertama dilihat oleh pembaca ketika berpikir untuk belanja dan karena itu kesan pertama dalah kuncinya. Secara pribadi, aku memilih untuk mendesain sendiri sampulku. Ini cara aku mendapat keputusan tepat apa yang yang sedang terjadi. Ini sangat mudah untuk menggunakan templat dari situs seperti Amazingly Simple Graphic Design Software (http://www.canva.com/)  dan kemudian mengunduhnya. Pastikan untuk menambah gambar atau ilustrasi pada sampul, terutama jika kamu menulis buku fiksi. Kamu harus membayar untuk ilustrasi atau jika kau tidak memiliki anggaran, minta teman atau anggota keluargamu untuk melukis gambar untukmu. Tetapi jika kamu ingin desain sampulmu diselesaikan oleh profesional, maka kamu bisa meminta desainer sampul. Desainer sampul membuat sampul dan dan desain visual berdasarkan konten buku.

**STEP 4 : FORMAT SEBAGAI BUKU ELEKTRONIK**
Tentu saja, jika kamu tidak bermaksud untuk menerbitkan bukumu menjadi eBook, maka tahap ini tidak akan berlaku untukmu. Meski begitu, ini ide benar benar ide yang bagus untuk memproduksi eBook serta buku cetakmu. Karena kebanyakan orang saat ini memilih untuk membaca buku elektronik. Untuk memformat bukumu menjadi e-book, kau membutuhkan aplikasi khusus untuk ini. Seperti Scrivener. Scrivener mengkompilasi halamanmu, termasuk sampulmu, seperti Mobi (*Kindle*) atau ePub (*eBook*), yang diperlukan untuk mempublikasi eBook dalam situs. Jika perlu, itu juga bisa dikompilasi PDF, word docs dan halaman situs. Kebanyakan penulis akan menyarankan sebelum menggunakan vellum untuk memformat bukumu, tapi aku tidak belum pernah menggunakan vellum, jadi aku tidak akan tahu. Bagaimanapun juga, Pastikan kammu meminta bukumu diformat sebagai eBook. Sebelum melakukan langkah lebih jauh

**STEP 5 : DISTRIBUSIKAN EBOOK MU DALAM PLATFORM YANG BERBEDA**
Putuskan situs yang mana yang mau kamu untuk berdistribusi bukumu. Apakah kamu ingin mempublikasikannya di Amazon atau iBooks? itu adalah ide yang bagus untuk mempublikasikannya dalam dua platform, ini jalan yang kamu ambil untu membuat penjualan lebih dan mendapatkan pembaca sebanyak mungkin. Platform platform yang bisa dicoba untuk mempublikasi bukumu :

  • Amazon KDP - Pemasaran terbesar. Memberimu kebebasan juga untuk mempublikasikannya di situs lain.
  • Amazon KDP Select - Ini bermaksud untuk menjual bukumu ekslusif  bersama Amazon untuk 9- hari. Mendapatkan banyak pembaca dari KDP normal.
  • Smashwords - Distribusikan bukumu ke sebagian toko lain, termasuk iBooks, Barnes & Noble, dan Kobo. ini non-ekslusif.
  • Draft2Digital - Ini adalah distributor lain, mendistribusikan bukumu kepada amazon, iBooks, Kobo dan lainnya. Ini memformat eBookmu untuk kamu.
  • iTunes connect for iBooks - non-ekslusif. Menjual bukumu di toko iBooks store.
  • Kobo Writing Life - non-ekslusif. Menjual bukumu dalam Aplikasi Kobo eBooks.
  • Nookpress - non-ekslusive. Mempublikasikab bukumu seperti bagaimana eBook atau cetak. Platform untuk Barnes & Noble.
  • Gumroad - non-eksklusif. Di desain untuk menyambungkan penulis dan pembeli.

Setelah kau sudah memilih dengan platform mana kamu akan mendistribusikan itu, buatlah akun di atasnya dan publikasikan! Ikuti intruksi di dalam situs dan bukumu akan segera remi diterbitkan. Selamat!
(Jika kamu menerbitkan buku cetak, langkah ini akan melibatkanmu untuk mencetak pekerjaanmu untuk membuat buku.)

**STEP 6 : DESAIN SEBUAH SITUS UNTUK MEMPROMOSIKAN BUKUMU**
Jika kamu ingin menjadi penulis sukses, sambungkan dirimu dengan pembaca. Kamu bisa melakukan ini denan mengatur akun penulis di situs sosial media, membuat blog atau mendesain situs halaman. Situs halaman, seperti yang satu ini, bisa digunakan untuk mempromosikan bukumu, memberikan tips menulis dan membuat kontes menulis. Memiliki situs halaman itu penting untuk membantun reputasi sosialmu sebagai penulis. Cara yang mudah untuk mendesain situs halaman adalah dengan menggunakan templat dari situs seperti Free Website Builder | Create a Free Website | Wix.com (http://wix.com/) atau WordPress.com: Create a Free Website or Blog (http://wordpress.com/). Setelah kamu selesai melakukan tahap ini, kamu akan segera di akhir perjalanan menerbitkan.

**STEP 7 : ULANGI PROSES INI !**
Sekarang kamu sudah selesai menerbitkan bukumu, mulai lagi! Jangan hanya berakhir sampai disana, lanjutkan karir menulismu.
Teruslah menambah situs halamanmu dan hasilkan banyak buku.
-Diambil dari TheWrittenWord | LucyBarge | Timaru (https://lucybarge.wixsite.com/thewrittenword/writing-tips)
Semoga membantu! Yang terbaik untuk perjalanan menerbitkanmu.
Mohon maaf atas kekurangan dan kata yang kurang dimengerti.
Bantuan dari Google Translate, Papago dan disunting ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar